• Friday, 1 February 2013

      10 mobil termahal di dunia saat ini

      posted by: king leoric

      jumat, 1 Feb 2013


      Ada ratusan merek dan ribuan tipe mobil yang dijual di dunia saat ini. Namun, diantara sekian banyak mobil yang ada, mobil apakah yang merupakan mobil termahal di dunia?
      Untuk mencari hal tersebut, Forbes pun lalu mengumpulkan data semua mobil mahal yang diproduksi di dunia. Dari data yang ada, akhirnya Bugatti Veyron Supersport keluar sebagai mobil yang pantas mendapat predikat sebangai mobil termahal di dunia.

      Mobil yang memiliki tenaga hingga 1.200 horsepower dan merupakan mobil yang juga memegang rekor sebagai mobil produksi tercepat di dunia ini memiliki banderol harga hingga US$ 2,6 juta atau sekitar Rp 23,4 miliar.
      Lalu dibawah Bugatti ada Ferrari 599XX yang berbanderol US$ 2 juta atau sekitar Rp 18 miliar dan Zenvo ST1 berharga US$ 1,8 juta atau Rp 16,2 miliar.

      Dari daftar yang ada, hampir semua mobil yang masuk daftar 10 mobil termahal adalah mobil bermodel sport. Hanya Maybach Landaulet yang berharga US$ 1,6 juta atau Rp 14,4 miliar saja yang mampu menampung penumpang lebih dari 2 orang.

      Berikut daftar mobil termahal di dunia versi Forbes:

      1. Bugatti Veyron Supersport: US$ 2.6 juta (Rp 23,4 miliar)

      Gohrin, Jerman - Sudah resmi, mobil super Bugatti Veyron sekali lagi membuktikan diri sebagai mobil produksi tercepat di dunia setelah memecahkan rekor kecepatan dengan berlari sampai 431,3 km/jam.

      Seperti dikutip Auto Express, Selasa (6/7/2010) rekor tersebut dibuat oleh test driver Bugatti Pierre Henri Raphanel di sirkuit tes VW Ehra-Lessien. Prestasi tersebut mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang pula oleh Bugatti Veyron yakni 415,2 km/jam.

      Kehebatan Bugatti Veyron memang pantas untuk diacungi jempol, karena dengan mesin gila yang dilengkapi empat turbo dan intercooler, dapur pacu yang sebelumnya sudah berkekuatan 1.001 hp mampu ditingkatkan menjadi 1.183 bhp dengan torsi mencapai 1.500 Nm.

      Tentu untuk mendapatkannya, kocek yang dibutuhkan untuk membawanya ke garasi juga tergolong besar, karena saat ini Bugatti Veyron dikenal sebagai mobil termahal di dunia dengan banderol sebesar Rp 18,5 miliar.

      Sekarang, diketahui Bugatti sedang menyiapkan penerus Veyron yang akan mereka namai Bugatti Super Sport. Rencananya mobil ini akan diperkenalkan di pameran Pebble Beach Concours bulan depan.

      Hingga saat ini, sudah 260 unit Bugatti Veyron yang telah dilepas oleh Bugatti, angka ini tentu akan bertambah mengingat Bugatti sendiri berharap bisa menjual sampai 300 unit Bugatti Veyron sampai tahun 2012 mendatang.

      Sebelumnya rekor mobil produksi tercepat berada di tangan Shelby SuperCars (SSC) Ultimate Aero, namun SSC Aero mesti melepaskan gelar ke Bugatti.


      2. Ferrari 599XX: US$ 2 juta (Rp 18 miliar)

      Bologna - Mata dunia otomotif kini sedang tertuju pada perhelatan Tokyo Motor Show yang saat ini tengah berlangsung. Tapi bila pandangan kita berpindah di dataran Eropa, maka kita akan menemukan peluncuran Ferrari 599XX versi balap di Bologna, Italia.

      Mobil yang dipamerkan di Bologna Motor Show tersebut merupakan mobil jalanan terbaik yang dimiliki Ferrari dan memiliki nafas mobil Formula 1 yang cukup kuat apalagi kini sudah dilengkapi berbagai paket 'Evolution' yang membuat kemampuannya meningkat namun dengan bobot yang lebih ringan 35 kg.

      Sayap yang berada di bagian buritan membuat downforce yang baik sehingga tidak saja membuat mobil ini mampu melaju cepat tanpa terkendala hambatan angin, tapi juga membuatnya mampu berakselerasi dan stabil ketika diajak menikung.

      Sebab Sayap belakang 599XX ini secara aktif digerakkan secara otomatis sesuai dengan parameter yang spesifik yang terintegrasi dengan fungsi-fungsi lain di fitur kontrol mobil seperti ESP, ABS, SCM dan F1-Trac serta kondisi kendaraan seperti sudut roda kemudi, hingga kecepatan kendaraan.

      Splitter depan dan diffuser belakang juga mendapat sentuhan dengan kekuatan mesin yang meningkat 20 CV ke angka 750 CV di 9.000 rpm dengan torsi 700 Nm.

      Selain Ferrari 599XX yang garang ini, Ferrari juga mempersembahkan berbagai versi balap dari mobil-mobil produksinya seperti 458 Challenge, 458 Italia GT2 hingga 458 Italia GT3.

      3. Zenvo ST1: US$ 1,8 juta (Rp 16,2 miliar)

      Supercar dari Italia itu biasa. Tetapi apa pendapat Anda jika supercar dari Denmark. Sungguh tidak biasa bukan. Nah, dia dinamakan Zenvo ST1, supercar pertama asli buatan Denmark.

      Dibalik konsepnya yang ramping, Zenvo ST1 yang mengusung mesin 7.0 liter V8 Supercharger 6 percerpatan gearbox yang mampu menghasilkan tenaga hingga 1.104 Hp pada 6.900 rpm dan torsi 1.430 Nm pada 4.500 rpm. Wow dahsyat, tenaga 1.104 hp milik Zenvo pun diyakini lebih tinggi dari supercar lain yang rata-rata berkisar antara 500-800 hp.

      Untuk menggapai 100 km per jam dari titik 0, Zenvo ST1 hanya membutuhkan waktu 3 detik saja. Sedangkan untuk kecepatan maksimalnya bisa mencapai 375 km per jam merupakan performa yang cukup baik sebagai mobil balap pertama Denmark.

      Oleh perusahaan Hermann & Brandt dan Zenvo Automotive recananya Zenvo ST1 hanya diproduksi 15 unit saja di dunia dengan bandrolan 850 ribu euro atau sekitar Rp 10,5 miliar.

      Mobil itu telah dipertontonkan pada Dubai Motor Show belum lama ini. Dengan tujuan juragan minyak di negeri tersebut. Zenvo ST1 terlihat mengusung aerodinamis yang tinggi.

      Desain eksterior supercar pertama buatan Denmark itu tidak kalah dengan para pesaingnya, sebut saja Koenigsegg, Ferrari, Lamborghini dan Bugatti. Untuk urusan dalam, tersemat DVD, navigation, air bags, cruise control, rear view camera dan audio system.

      Sepertinya cocok untuk Anda yang bosan dengan mobil super asal Italia, dan Jerman. 

      4. Koenigsegg Agera R: US$ 1,7 juta (Rp 15,3 miliar)

      Jangan macam-macam dengan mobil yang satu ini. Sebab mobil ini bagai peluru yang memiliki kekuatan besar. Mesin 5.000 cc yang digendongnya mampu membuat mobil ini memuntahkan tenaga hingga 1.100 bhp.

      Produsen supercar Koenigsegg menampilkan wajah terbaru dari Agera R di pameran mobil Geneva Motor Show yang akan dibuka minggu ini. Mobil ini bagai sebuah monster yang menakutkan.

      Mesin V8 dengan twin-turbo berkapasitas 5.000 cc yang tersembunyi tubuhnya mampu membuat mobil ini menyemburkan tenaga hingga 1.100 bhp dengan torsi puncak yang mencapai 885 lb-ft.

      Tenaga itu bisa dicapai bila Koenigsegg Agera R menggunakan bensin biofuel E85. Karena bila menggunakan bensin biasa, tenaga Koenigsegg Agera R akan turun hingga ke angka 972 bhp dan torsi 811 lb-ft.

      Tetap saja, itu menjadi tenaga yang menakutkan. Mesin yang dikawinkan dengan gearbox dual-clutch tujuh percepatan ini juga mampu melesatkan Koenigsegg Agera R ke kecepatan 100 km perjam hanya dalam waktu sekitar 3 detik saja dan melesat cepat hingga kecepatan puncak 402 km perjam.

      Mobil yang memiliki arti 'bertindak' ini memiliki tubuh dari bahan serat karbon yang membuat bobotnya jadi ringan dengan atap yang dapat di lipat.

      Desain tubuh Koenigsegg Agera R pun dibuat sedemikian rupa hingga aerodinamika mobil ini menjadi semakin tinggi. Kaki Koenigsegg Agera R yang disokong pelek Vortex Generating Rim (VGR) dengan ban performa tinggi pun lantas membuat tampang Koenigsegg Agera R jadi semakin sporty.

      Ban yang melingkari kaki Koenigsegg Agera R ini mampu menahan gesekan hingga kecepatan 418 km perjam dan menurut Koenigsegg merupakan ban yang memiliki spesifikasi tertinggi saat ini

      5. Aston Martin One-77: US$ 1,4 juta (Rp 12,6 miliar)

      Gaydon - Mobil termahal di Inggris, Aston Martin One-77, berencana akan memancing para orang kaya di Asia untuk membeli mobil ini dengan mengadakan road show. Dengan aksi 'jemput bola' itu, Aston Martin berharap mobil berharga Rp 16,8 miliar ini dapat laris di Asia.

      Rencananya mobil yang dilepas dengan harga US$ 1,87 juta (Rp 16,8 miliar, belum termasuk pajak) ini akan memulai promo ke beberapa negara seperti Jepang, Singapura, Taipei dan China. Promo Asia pertama dilangsungkan di Cirque Du Soleil Theatre Tokyo, Jepang dan dihadiri 200 undangan potensial.

      Asia Pasifik menurut Aston Martin merupakan salah satu kawasan yang penting untuk diekspansi lebih dalam lagi. Dalam beberapa tahun belakangan sudah 14 wilayah mereka jajah dengan fokus utama di China dan Taiwan.

      "One-77 merupakan sebuah mobil sport dengan keindahan yang tak tertandingi dan memiliki agresi halus serta kinerja yang lebih tinggi dari setiap Aston Martin sebelumnya yang dibangun di markas di Gaydon, Warwickshire. Selama sembilan bulan terakhir, One-77 telah mengalami rekayasa ketat Aston Martin program pengujian," tulis Aston Martin dalam pernyataan resmi, Rabu (8/12/2010).

      Aston Martin One-77 sendiri merupakan sebuah mobil sport edisi terbatas yang memiliki desain tubuh indah. Tidak heran berkat hal itu, mobil Inggris ini pun memenangkan penghargaan desain terbaik di Concorso d'Eleganza Design Award di Italia.

      Sementara itu, dapur pacu V12 yang berkapasitas 7.3 liter mampu menyemburkan tenaga hingga 750 hp. Dalam serangkaian tes berjalan, Aston Martin One-77 melebihi ekspektasi dengan mencatat angka 220,007 mph atau 354,86 km per jam atas kecepatan dalam kondisi kering berangin.

      Hingga saat ini Aston Martin One-77 itu sudah terjual hingga 60 unit dari total 77 unit yang akan diproduksi. Lambatnya penjualan Aston Martin
      One-77 mungkin saja dikarenakan sebuah kenyataan kalau sejauh ini One-77
      merupakan mobil paling mahal yang dijual dengan merek Inggris.

      6. Maybach Landaulet: US$ 1,4 juta (Rp 12,6 miliar)

      7. Pagani Huayra: US$ 1,3 juta (Rp 11,7 miliar)

      Milan - Pertarungan mobil-mobil cepat dan mahal di tahun kelinci nampaknya akan makin sengit. Produsen mobil hypercar, Pagani pun memperlihatkan Huayra yang merupakan penganti Zonda berharga 1 juta Euro atau sekitar Rp 12,3 miliar.

      Mobil ini merupakan mobil yang sering disebut C9 ketika dalam masa percobaan. Huayra sendiri artinya 'dewa angin'.

      Nama Huayra pun nampaknya tidak berlebihan. Karena dari sebonggol mesin AMG Mercedes V12 6.0 liter bi-turbo yang tersimpan di tubuhnya, Pagani Huayra sanggup menyemburkan tenaga hingga 700 bhp dengan torsi hingga 900 Nm.

      Bila masih kurang, Pagani juga menyiapkan versi sport dari Huayra yang memiliki tenaga sedikit lebih besar yakni 730 bhp dengan torsi sangat melimpah, 1.100 Nm.

      Dari mesin tersebut, Pagani percaya Huayra mampu melaju hingga 370 km perjam dan berakselerasi dari diam sampai 100 km perjam hanya dalam waktu 3,3 detik saja. Kemampuan berakselerasi cepat itu banyak dibantu oleh desain tubuh yang aerodinamis.

      Bahan karbon fiber yang ringan namun kuat pun juga turut membantu Pagani Huayra berlari kencang. Pagani mengklaim, Huayra dibuat hampir seperti sayap pesawat dimana bentuk tubuhnya dirancang untuk memotong angin dan memanfaatkannya menjadi tenaga dorong.

      Di bagian interior, kabin Huayra dibuat lebih lapang dengan tambahan layar sentuh sat-nav dan Bluetooth.

      Pagani Huayra

      Mesin : V12, 5980cc, bensin
      Output : 700 bhp pada 6300rpm dan torsi hingga 900 Nm di 2500-4250rpm / 730 bhp dan 1.100 Nm
      Gearbox: manual otomatis 7-speed
      Rem: 380mm cakram karbon-keramik
      Dimensi (PxLxT) : 4605x2036x1169 mm
      Akselerasi : 100 km perjam dalam waktu 3,3 detik

      Harga : 1.000.000 Euro (Rp 1,2 miliar)

      8. Hennessey Venom GT: US$ 1 juta (Rp 9 miliar)

      Texas - Bagaimana rasanya memacu mobil hingga kecepatan 434,5 km/jam namun dengan atap yang terbuka? Tentu memberikan sensasi tersendiri. Hal itulah yang ingin diberikan Hennessey ketika memperkenalkan Venom GT Spyder berharga US$ 1,1 juta atau sekitar Rp 9,9 miliar ini.

      Produsen supercar asal Texas tersebut mengklaim mobil anyar yang baru akan mulai dikirim ke para pemesannya pada tahun 2013 ini mampu mencapai kecepatan 434,5 km/jam.

      Bila hal itu benar dan bisa dibuktikan, maka ini adalah mobil jalanan tercepat di dunia mengingat rekor kecepatan sebuah mobil jalanan saat ini masih dipegang oleh Bugatti Veyron 16.4 Super Sport ketika tahun lalu berlari sampai 431,3 km/jam.

      Ada pun klaim tersebut didasarkan pada sebuah mesin V8 yang sudah dilengkapi twin-turbo di tubuh Hennessey Venom GT Spyder yang dijanjikan mampu memuntahkan tenaga hingga 1.200 tenaga kuda.

      Desain tubuhnya tampil tajam dan agresif dengan lekuk yang tegas. Desain ini diperlukan untuk 'membelah' angin ketika sedang melaju kencang untuk meminimalisasi hambatan dan menambah aerodinamika kendaraan.

      "Atapnya dihilangkan, angin dan geraman dari V8 twin turbo akan menawarkan klien kami sensasi mengemudi yang lebih besar," yakin CEO Don Goldman seperti detikOto kutip dari Motor Authority, Jumat (2/12/2011).

      Namun bagi yang ingin mobil ini, selain harus menunggu lama, kesempatan untuk mendapatkannya pun juga tergolong ketat. Sebab Hennessey hanya akan membuat 5 unit Venom GT Spyder saja dengan harga US$ 1,1 juta atau sekitar Rp 9,9 miliar.

      9. SSC Tuatara: US$ 970.000 (Rp 8,7 miliar)

      Dubai - Kehadiran calon mobil tercepat di dunia, SSC Tuatara sudah di depan mata. Meski sudah dipamerkan beberapa waktu lalu, ditelnya masih gelap. Penasaran dengan mobil tersebut? Yuk kita intip bagian interiornya.

      Mobil yang menjadi salah satu bintang penarik perhatian di Dubai Motor Show ini tersaji dengan segala keunggulan, tidak hanya dari sektor mesin dan eksteriornya namun juga bagian interiornya. Setelah membahas bagian mesin dan bodinya, kini saatnya mengintip bagian interior mobil tersebut.

      Bisa dibilang hampir semua mobil super dan mewah menawarkan kesan berbeda. Mereka masing-masing menawarkan interiornya terbilang tidak standar, seperti halnya SSC Tuatara yang tidak ingin biasa-bisa saja.

      Bagian dashboard mobil yang ingin menjadi tercepat di dunia ini sangat unik. Dashboard yang membentang lebar memiliki ciri khas tersendiri. Desain dashboard memawarkan desain unik yang disebut hipermodern, di mana disesuai dengan garis eksterior mobil SSC Tuatara itu sendiri. Bagian dalamnya dilengkapi dengan 2 warna hitam dan putih.

      Keunikan di bagian dashboard terlihat pada lubang-lubang yang hampir bisa ditemui di bagian depan tersebut. Seperti dilansir motorauthority, Senin (14/11/2011) lubang-lubang berjumlah puluhan itu berfungsi sebagai ventilasi udara kabin.

      Lubang-lubang di bagian dalam kabin tersambung dengan lubang-lubang yang berada tepat di samping kaca depan. Sementara blower AC sangat kecil, posisinya berada di samping layar konsole depan.

      Bagian dashboardnya cukup unik, SSC Tuatara menggunakan metercluster yang layar kacanya diterangi oleh proyektor. Layar kaca tersebut menyajikan kecepatan mobil digital dan angka RPM digital. Selain itu terdapat kaca kecil di sebelah kanan untuk mengatahui posisi transmisi.

      Uniknya untuk metercluster mencatat kecepatan maksimum mobil juga berada di depan penumpang samping. Wah jika teman wanita Anda berada di samping, bukan tidak mungkin ia menegur Anda ketika mencapai kecepatan maksimal yakni 442,5 km per jam.

      Bagian unik lainnya adalah gear shift yang terinspirasi dari model mobil klasik yang eksotik. Pengendara lebih dipuaskan dengan paddle shift yang terletak di belakang kemudi.

      Untuk fitur entertainment-nya menggunakan layar sentuh 7,5 inci yang terintegrasi dengan 10 speaker.

      10. Porsche 918 Spyder: US$ 845.000 (Rp 7,6 miliar)

      Setelah mejeng menjadi mobil konsep di AS lewat ajang North American International Auto Show (NAIAS) 2011 di Detroit, AS mobil sport hybrid dari Porsche yakni 918 Spyder hybrid akhirnya bisa menjadi milik Anda. Soalnya pihak produsen memastikan bakal memproduksi mobil tersebut.

      Jika Anda tertarik sebaiknya pesan dari sekarang, soalnya untuk membuat Porsche 918 Spyder Hybrid lebih eksklusif, mobil berpenumpang 2 orang itu hanya dibuat tidak lebih 918 unit.

      Pihak produsen hanya memproduksi terbatas yakni 918 unit saja. Namun jangan harap tahun ini atau tahun depan Anda mendapatkan mobil sport tersebut.

      Seperti dikutip dari situs resmi Porsche, Senin (21/3/2011) Porsche 918 Spyder Hybrid mulai diproduksi pada 18 September 2013 di markas Porsche di Stuttgart, Zuffenhausen. 2 bulan kemudian mobil tersebut akan dikirim ke garasi rumah pelanggan.

      Porsche 918 Spyder hybrid hanya dibuat sesuai pesanan. Bagi Anda yang tertarik rogoh kocek sebesar 645.000 Euro atau sekitar Rp 8 miliar (belum termasuk pajak). Lebih cepat pelanggan memesan maka lebih cepat diantar ke pelanggan.

      Dengan dana tersebut Anda mendapatkan mesin 4.000 cc V8 transmisi 7-speed Doppelkupplungsgetriebe (PDK) yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 500 hp. Sementara 2 motor listrik yang menggerak roda depan bisa menyemburkan tenaga sebesar 160 Kw atau sekitar 218 Hp.

      Porsche 918 hybrid bisa berakselerasi dari titik 0-100 km/jam dalam hitungan 3,2 detik dengan mencapai kecepatan maksimal 320 km/jam. Mobil itu hanya butuh 3 liter BBM untuk menjangkau jarak 100 km.

      Porsche 918 Spyder Hybrid salah satu mobil sport teringan. Sebab bodinya terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon. Konsep Porsche 918 Spyder Hybrid terinspirasi dari Carrera GT dan Porsche 917 sport car.

      Mobil sport itu ditopang dengan sistem aerodinamika yang tinggi. Mobil ini pun makin bertambah sempurna berkat aplikasi spoiler di bagian belakang yang bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas mobil.

      0 comments:

      Post a Comment

      Subscribe To RSS

      Sign up to receive latest news